Fakta Menarik Tentang Kesehatan

Serangkaian Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Serangkaian Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan – Diantara tanaman herbal lainnya, jahe merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang paling populer, bahkan ribuan tahun yang lalu. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya dalam menjaga kesehatan dan mengurangi gejala berbagai penyakit. Ketika cuaca dingin dan hujan, orang-orang biasanya minum minuman jahe untuk menghangatkan tubuh. Selain rasanya yang enak, minuman jahe daftar idn poker juga memiliki banyak manfaat terutama mengandung antibiotik alami yang mampu mengobati masalah perut seperti mual.

Menurunkan Glukosa Darah dan Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa khasiat jahe merah apabila rutin dikonsumsi mampu menurunkan glukosa darah secara signifikan (tentu saja jika meminumnya tanpa menggunakan gula berlebih). Kandungan dalam jahe juga mampu menurunkan trigliserida, kolesterol LDL (lemak jahat) sekaligus meningkatkan lemak baik (HLD). Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe merah dosis tinggi (5 gram per hari) dapat menurunkan kadar LDL bila dikonsumsi setidaknya selama 4 hari.

Anti Penuaan

Manfaat jahe merah selanjutnya adalah mengendalikan proses penuaan, hal ini karena jahe bersifat anti oksidatif dan anti inflamasi. Tidak hanya itu, jahe merah juga memiliki potensi antimikroba.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Manfaat jahe merah sebagai anti radang juga dapat membantu meredakan nyeri haid. Bahkan, suatu penelitian menyebutkan bahwa efek jahe merah setara dengan obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Namun hal ini memiliki efek yang bervariasi pada setiap orang. Bagi wanita yang sering mengalami nyeri perut saat menstruasi, cobalah mengonsumsi teh jahe merah sebanyak 2 cangkir per hari selama 3 hari.

Baca Juga : Gejala Mata Ikan dan Cara Mengobatinya

Memperkuat sistem imun

Fungsi ini didukung oleh kandungan vitamin C dan magnesium di dalam tanaman herbal. Kedua kandungan itu bekerja dengan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang berfungsi sebagai antioksidan. Penelitian berujdul slot garansi Anti-oxidative and anti-inflammatory effects of ginger in health and physical activity: Review of current evidence dalam International Journal of Preventive Medicine menyebutkan, dalam budaya kuno, jahe bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Di dalamnya mengandung gingerol, shogaol, dan zat struktural terkait lainnya yang efektif menghambat biosintesis prostaglandin dan leukotrien. Cara kerjanya dengan menekan 5-lipoxygenase atau sintetase prostaglandin. Selain itu, tanaman herbal ini juga dapat menghambat sintesis sitokin pro-inflamasi seperti IL-1, TNF-α, dan IL-8. Selain meningkatkan imun tubuh, proses tersebut dapat menghambat reaksi alergi dan pencegahan penyakit alergi.

Meredakan Sakit Otot

Tidak hanya menjadi penghangat tubuh saja, tetapi mengonsumsi jahe merah rupanya juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa kandungan dalam jahe dapat berfungsi sebagai anti peradangan yang dapat membantu mengatasi penyakit kronis. Manfaat jahe merah tersebut berasal dari komponen aktif di dalamnya, yaitu zingeron, gingerol, dan gingerdione mampu menurunkan leukotrien dan prostaglandin yang memicu peradangan.

Exit mobile version