Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Saat Hamil 3 Bulan

Makanan Dikonsumsi Hamil 3 Bulan – Kehamilan merupakan satu momen yang didambakan karena saat itu semua hidangan menjadi paling lezat tapi ada juga makanan yang tidak dikonsumsi lantaran kondisi hormon. Kehamilan sendiri adalah saat yang tepat untuk makan-makanan yang sehat juga seimbang yang mencakup semua nutrisi. Karena makanan yang seimbang itu akan mengandung nutrisi penting buat si kecil.

Makanan yag harus dikonsumsi

1, Makanan Kaya Vitamin B6

Vitamin B6 membantu melawan mual dan muntah, contoh makanan yang kaya akan B6 yaitu daging tanpa lemak, daging unggas telur, buah jeruk, kacang-kacangan, kedelai. dan alpukat.

2. Makanan Kaya Folat

Asam folat sangat vital untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Mengonsumsi suplemen asam folat, ada baiknya tetap memasukkan sumber alami makanan kaya folat dalam menu harian. Contoh makanan kaya asam folat adalah brokoli, buah jeruk, kacang-kacangan, kacang poling, lentil, alpukat, kubis brussel, okra, asparagus, dan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam dan juga kangkung.

3. Makanan yang mengandung Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk perkembangan kesehatan mata dan otak bayi. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 adalah kacang kedelai, minyak conala, kenari, biji chia, biji ramai, salmon, mackerel, hingga sarden.

4. Buah Seger

Buah-buahan mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembanagn bayi yang sehat.

Baca Juga : Makanan dan Pantangan Saat Amandel Membengkak

5. Sayuran

Makanan sehat untuk wanita hamil 3 bulan harus mengandung setidaknya 3 cangkir sayuran perhari. Contohnya termasuk kangkung, bayam, brokoli, ubi jalar, tomat, wortel, labu, paprika, jagung, terong, dan kubis.

Makanan yang harus dihindarii ibu hamil 3 bulan

1. Daging Mentah

Makanan laut mentah dan daging sapi atau unggas langka atau kurang matang harus dihindari selama kehamilan karena risiko kontaminasi dengan bakteri coliform, toksoplasmosis, dan salmonella.

2. Ikan dengan Merkuri

kan yang mengandung merkuri tingkat tinggi harus dihindari. Konsumsi merkuri selama kehamilan telah dikaitkan dengan keterlambatan perkembangan dan kerusakan otak. Contoh jenis ikan ini termasuk hiu, ikan todak, king mackerel, dan tilefish.

3. Keju Lembut

Keju lunak seperti gorgonzola, brie, dll., tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan. Keju ini dibuat menggunakan jamur sehingga mengandung kadar air yang tinggi yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri. Keju ini juga dapat mengandung bakteri yang disebut listeria yang dapat membahayakan Si Kecil dalam kandungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *