Makanan Penurun Asam Urat yang Efektif dan Aman Dikonsumsi

Makanan Penurun Asam Urat – Cara meredakan gejala asam urat salah satunya adalah mengubah pola makan. Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa tidak ada makanan yang dapat menyembuhkan asam urat, melainkan hanya membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga dapat mengurangi gejalanya. Berikut sejumlah makanan penurun asam urat yang direkomendasikan. Berikut adalah Makanan Penurun Asam Urat mmacfeeactivate.com

1. Pisang

Makanan penurun asam urat yang pertama adalah buah pisang. Pisang mengandung kalium yang tinggi, di mana senyawa ini dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam tubuh. Namun bila kristal sudah terbentuk, kalium pada pisang dapat mencegah pengerasan sehingga lebih mudah dikeluarkan oleh ginjal. Selain itu, pisang juga rendah purin (senyawa pembentuk asam urat) serta kaya akan serat dan vitamin C yang dapat membantu ekskresi purin dan asam urat.

2. Buah Ceri

Ceri merupakan salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ceri mengandung antosianin (pigmen berwarna merah-ungu) yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

3. Susu Rendah Lemak

Baik susu segar maupun produk olahan susu, seperti yogurt dan keju yang rendah lemak memiliki manfaat baik bagi penderita asam urat. Protein dalam susu rendah lemak bermanfaat melancarkan pembuangan asam urat melalui urine sehingga dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah sekaligus mengurangi risiko kambuh.

4. Sayur-sayuran

Sayuran terkenal akan beragam manfaat baiknya bagi tubuh. Akan tetapi, penderita asam urat perlu berhati-hati dalam memilih sayuran. Pasalnya, beberapa jenis sayur, seperti bayam atau asparagus justru mengandung purin yang menjadi pantangan asam urat.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang lentil, polong dan buncis, diketahui bisa menjadi makanan penurun asam urat potensi utama medan yang aman dikonsumsi. Jenis makanan ini mengandung protein nabati tinggi yang baik untuk tubuh. Menurut sebuah penelitian, penderita asam urat tinggi yang mengonsumsi makanan tinggi protein nabati memiliki kadar asam urat yang lebih rendah dibandingkan dengan penderita yang mengonsumsi makanan dengan protein hewani.

6. Air Putih

Air putih adalah asupan yang sangat penting bagi tubuh anda. Mencukupi kebutuhan air setiap hari (kurang lebih 2 liter per hari) dapat membantu menjaga konsistensi urine sehingga asam urat lebih mudah larut dan tidak menumpuk dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *