Makanan yang Berdampak Positif untuk Kesehatan Mata

Makanan yang Berdampak Positif untuk Kesehatan Mata

Makanan yang Berdampak Positif untuk Kesehatan Mata – Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan togel macau dengan beberapa cara, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu jenis makanan yang dikenal bermanfaat bagi kesehatan mata adalah wortel. Namun, ternyata tidak hanya wortel yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Faktanya, ada berbagai jenis makanan untuk mata sehat yang bisa dikonsumsi. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin A dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan mata. Jika dikonsumsi dengan cara yang benar, makanan sehat juga bisa memberi manfaat untuk tubuh secara keseluruhan.

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin untuk mata, serta melengkapinya dengan suplemen tambahan bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata. Cek kebutuhan suplemen harian yang baik untuk mata di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan lain hanya dalam satu aplikasi. Download aplikasi Halodoc sekarang juga! Ada beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, seperti vitamin A, zinc, lutein, serta asam lemak omega-3. Berikut ini jenis makanan yang mengandung nutrisi penting dan masuk dalam kelompok makanan sehat untuk mata:

Ikan

Mengonsumsi ikan baik untuk kesehatan mata. Sebab, makanan laut ini kaya kandungan  asam spaceman lemak omega-3. Nutrisi ini berperan dalam meningkatkan fungsi penglihatan dan kesehatan retina mata. Jenis ikan yang bisa dikonsumsi adalah salmon, ikan tuna, serta ikan tongkol.

Ubi

Wortel sudah lama dikenal sebagai makanan yang baik untuk mata. Ada jenis makanan yang hampir mirip dari segi kandungan nutrisi serta manfaatnya, yaitu ubi jalar. Ubi juga kaya kandungan beta karoten yang baik untuk menjaga fungsi mata.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan lutein dan antioksidan dalam makanan ini bisa diandalkan untuk mencegah gangguan penglihatan. Jenis sayuran hijau yang bisa dikonsumsi adalah bayam, brokoli, dan sawi. Jenis makanan ini juga kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E.

Buah – Buahan

Tidak hanya sayur, buah-buahan bisa dikonsumsi demi mata yang sehat. Disarankan untuk banyak mengonsumsi jeruk dan stroberi, yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Vitamin ini diketahui bisa membantu menurunkan risiko gangguan mata, termasuk katarak.

Telur

Kuning telur mengandung nutrisi zinc, lutein, dan zeaxanthin yang membantu mengurangi risiko penurunan daya lihat karena penambahan usia. Selain itu, telur juga mengandung sumber vitamin A untuk membantu fungsi retina mata beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. Vitamin A juga berfungsi mengurangi risiko terjadinya katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Kacang Almond

Diperkirakan sekitar satu genggam kacang almond per hari bisa memenuhi kebutuhan vitamin E per hari yang memperlambat penurunan fungsi makula dan berakibat menurunnya daya lihat kamu. Bukan hanya kacang almond, jenis kacang-kacangan dan biji-bijian lain juga kaya vitamin E, misalnya biji bunga matahari.

Kacang – Kacangan

Seperti ikan, kacang-kacangan juga menjadi makanan untuk kesehatan mata karena kandungan omega-3 di dalamnya. Omega-3 diketahui dapat mencegah terjadinya mata kering. Di samping omega-3, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E yang dapat melindungi sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

Alpokat

Alpokat adalah buah yang bagus untuk mata karena memiliki berbagai macam nutrisi sehat, salah satunya yaitu lutein. Lutein merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam mencegah mata katarak serta degenerasi makula.

Selain mata, alpokat ternyata juga menjadi makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan omega-3 sebagai lemak sehat baik untuk jantung karena membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Yogurt

Yogurt adalah produk olahan susu yang mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A dan seng. Seperti yang telah diketahui, vitamin A bermanfaat untuk menjaga serta melindungi kornea mata. Sedangkan, seng merupakan nutrisi yang berfungsi untuk mengoptimalkan penglihatan mata pada malam hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *