Cara Mencegah Asam Lambung Naik dengan Aman dan Efektif

Mencegah Asam Lambung Naik – Penting bagi pengidap penyakit asam lambung untuk mengetahui cara mencegah asam lambung naik. Pasalnya, penyakit ini bisa kambuh kapan saja dan menyebabkan perut terasa nyeri dan panas. Tentunya hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Asam lambung adalah cairan di dalam lambung (HCl) yang memiliki kadar keasaman tertentu dan berfungsi untuk mencerna makanan dan membunuh mikroorganisme.

1. Mengunyah Makanan dengan Perlahan

Salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengunyah makanan secara perlahan. Ketika makanan dikunyah, makanan akan bercampur dengan air liur untuk dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana. Hal ini akan memudahkan tubuh dalam penyerapan gizi makanan serta kerja sistem pencernaan dalam mengurai makanan. Artinya, sistem pencernaan tubuh akan bekerja lebih keras apabila makanan yang dicerna tidak cukup lembut.

2. Memilih Makanan yang Tepat

Cara mencegah asam lambung naik yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah memilih jenis makanan dengan tepat. Hindari makanan pedas, mengandung bawang asam, asin, dan berlemak karena dapat merangsang produksi asam lambung.

  • Umbi-umbian (kentang, wortel, lobak, atau bit).
  • Daging, putih telur, dan makanan laut.
  • Sayuran hijau, seperti brokoli, asparagus, dan seledri.
  • Buah yang matang dan tidak asam, seperti semangka dan melon.
  • Oatmeal rendah gula dan kaya serat.

3. Menyajikan Makanan dengan Cara Lebih Sehat

Anda juga perlu mempertimbangkan cara memasak makanan yang sehat. Hindari menambahkan terlalu banyak cabai, bawang, atau cuka karena dapat memicu naiknya asam lambung.

  • Mengolah makanan dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang.
  • Batasi makanan yang digoreng karena umumnya mengandung lemak berlebih.

Baca Juga : Beberapa Pilihan Makanan untuk Orang Sakit

4. Tidak Langsung Tidur Setelah Makan

Produksi asam lambung akan meningkat setelah makan. Oleh karena itu, seseorang tidak disarankan untuk langsung berbaring atau tidur usai makan karena dapat memicu gejala seperti mual dan heartburn (rasa panas di dada). Usahakan untuk makan sekitar 2-3 jam sebelum waktu tidur dan berdiri atau duduk dengan posisi tegak selama 30 menit setelah makan guna mencegah asam lambung naik.

5. Menghentikan Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol merupakan salah satu cara mencegah asam lambung naik yang cukup efektif. Rokok dan alkohol dapat menyebabkan iritasi di lapisan kerongkongan dan perut, melemahkan otot kerongkongan hingga merangsang produksi asam lambung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *